Asal Mula Nama Bluetooth

Kali ini TM-Blog mau sharing info tentang Asal Mula Nama Bluetooth

Asal Mula Nama Bluetooth
Asal Mula Nama Bluetooth

Sedikit mau sharing info tentang ilmu dan sejarah dunia IT atau teknologi,ya mungkin sebagian ada yang sudah tau :) bagi yang belum tau bisa baca tulisan ini hehe jangan lupa baca juga : Photomath - Aplikasi untuk mengerjakan soal matematika

Asal Mula Nama Bluetooth


Usaha untuk temukan tehnologi ini rupanya tak gampang. Lima perusahaan besar bargabung serta menggerakkan riset berbarengan untuk temukan Bluetooth. Ke lima perusahaan itu yaitu Nokia, Ericsson, IBM, Toshiba, serta Intel. Mereka bikin grup kerja berbarengan yang diistilahkan juga sebagai special interest group.

Usaha ke lima perusahaan itu membawa hasil pada Juli 1999. Saat itu mereka sukses bikin dokumen spesifikasi bluetooth versi 1. 0. Di tahun yang sama lalu lahir dokumen spesifikasi Bluetooth versi 2. 0. Mereka yang ikut serta dalam pengaturan Bluetooth versi 2. 0 ini tidak cuma melibatkan ke lima perusahaan itu. Tidak cuman mereka , ada empat perusahaan lagi yang ikut berhimpun yaitu Microsoft, Lucent Tehnologies, 3Com, dan Motorola.

Nama Bluetooth tersebut datang dari nama raja Denmark yang berkuasa diakhir era kesepuluh. Dia bernama Harald Blatand. Di lokasi Inggris, nama raja ini disampaikan Harald Blueetoth. Dengan kekuasaannya, dia dapat mendamaikan suku-suku di beberapa lokasi Eropa yang senantiasa berkonflik.

Kekuatan ini serupa dengan kekuatan Bluetooth yang dapat menghubungkan beragam piranti yang tidak sama. Kesamaan inilah yang kemudaian jadikan nama bluetooth jadikan juga sebagai nama temuan itu.

Bluetooth yaitu tehnologi dipakai untuk menghubungkan sebagian peralatan tanpa memakai kabel. Bluetooth melakukan perbaikan pemakaian tehnologi kabel yang condong menyusahkan. Dengan tehnologi ini, komunikasi serta perpindahan data dapat digerakkan dalam jarak hingga 10 mtr. dengan kecepatan sampai 720 kilobites per second (kbps) per saluran.

Karenanya ada Bluetooth, satu handphone dapat terkait segera dengan handphone lain di dekatnya tanpa ada lewat jaringan BTS. Data atau pesan yang dapat diantar ataupun di terima lewat bluetooth ini serupa dengan pesan yang dapat di sampaikan melalui GPRS, yaitu pesan multi media.

Bukan sekedar untuk handphone, Bluetooth juga dipakai piranti computer. Melalui bluetooth piranti yang terkait dapat sama-sama mengirim gambar, nada, klip video, juga teks. Komunikasi memakai bleutooth ini tak memiliki biaya. Namun, komunikasi memakai bluetooth ini cuma dapat dikerjakan dalam jarak yang sangatlah dekat. Fasilitas yang dipakai dalam komunikasi dengan Bluetooth ini yaitu gelombang radio.

Sekian dari TM-Blog tentang Asal Mula Nama Bluetooth semoga bisa bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan dan Kekurangan Gambar Digital

Cara Menghapus Alamat IP

Membuat Efek Gelembung pada Blog